Kamis, 14 April 2011

Kumpulan Editan Photo


Cara Membuat Foto 2x3 3x4 dengan Photoshop

Bagi anda yang suka melamar kerja tentu butuh banyak foto, ini tips agar berhemat. Photoshop bisa membuat pasfoto murah lho cetak pas foto ukuran 4×6 dan ukuran 2×3 harga nya sama kan? Rp. 1500 / lembar nya. kalo cetak 10 lembar 4×6 aja udah 15.000.. buset dah.. hehehe…
Gimana cara bikin pasfoto murah, ukuran nya bisa macem-macem pula ?
Saya kasih tutorialnya deh… bisa-bisa fuji film bangkrut neh… hehehe.. Moga-moga bermanfaat deh ya..
Mulai yu…
pertama bikin dokumen ukuran 4R.. tau kan ukurannya ? saya sudah posting di sini.
gambar 1

 








Jangan lupa, sebelumnya persiapkan foto kamu dalam bentuk file gambar, yang bagus yaa… atau kalo kamu difoto di studio jangan lupa minta save di flashdisk atau CD. jadi kamu punya back up foto nya.

Buka foto kamu yang sudah dipersiapkan tadi, ukuran nya pasti sembarangan.. gimana cara cropping biar ukurannya persis sesuai dengan pasfoto yang pengen kamu buat ? gampang aja kok..
gambar 2




Klik Crop tool, lalu ubah parameternya sesuai keinginan kamu.. pertama : ubah panjang dan lebar nya : saya kasih contoh : buat foto ukuran 4 x 6 , jadi ukuran width = 4cm, height = 6 cm, resolusi nya jangan lupa set, samain dengan waktu pas buat dokumen baru tadi, yaitu 300 pixel/inch.

gambar 3



ya udah, sekarang tinggal select dengan cara drag di area yang mau di crop..lalu tekan enter.. jadi deh ukuran 4x 6 nya. lalu masukan pas foto 4×6 tadi ke dokumen baru, dengan cara men DRAG.

gambar 4

 



sekarang balik lagi ke foto 4 x 6 tadi, jadiin foto itu 2x 3, caranya sama dengan diatas. Setelah proses pindah dari foto 2×3 ke dokumen baru. Buat pasfoto 3×4. di Undo dulu foto 2×3 nya, dengan pencet tombol CTRL + ALT + Z. jadi foto 4×6 lagi kan ? tujuannya supaya foto 3×4 nya bagus.. kalo dibuat dari 2×3 dikhawatirkan hasil cetaknya jelek. setelah jadi pasfoto 4×6 lagi, setting deh Crop tool nya jadi 3 cm dan 4 cm. seleksi deh… lalu enter.. abis gitu masukin ke dokumen baru 4R.

Sekarang kita punya perpaduan 3 ukuran pas foto.. sekarang tugas kita tinggal mengatur peletakan pas foto tadi di lembar 4R, gimana biar muat banyak..

gambar 5

 




Duplikasi foto 4×6, 3×4 dan 2×3 secukupnya, cara duplikasi ada digambar. Kalo mau diputer caranya, Klik gambar yang mau di rotate, lalu Klik transform trus klik rotate 90 CW atau sebaliknya..

gambar 6

  

atur.. biar muat banyak fotonya..( Irit banget yak… hehehe). Biar banyak setting nya musti gini nih :

gambar 7

 




kalo udah.. langsung save aja deh.. taro di disket atau flashdisk atau Burn di CD. terus bawa ke FUJI FILM atau tempat cetakan DIGITAL.. bilang deh ke penjaganya.. ” BANG, MAU CETAK 4R, 5 lembar..” Kalo udah selese cetak, Gungtingin ! JANGAN PERNAH NGELAMAR KERJA PAKE FOTO YANG BELOM DIGUNTING! hehehe.

Perkiraan harga :

4R = Rp. 1500

Foto 4×6 : 2 x 5 lembar 4R = 10 lembar foto ukuran 4×6
foto 3×4 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 3×4
foto 2×3 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 2×3.

semuanya 60 lembar pasfoto.. harga cara konfensional = 60 x 1500 = Rp. 90.000,- wek..wew..

Dengan hasil edit Photoshop cuman 5×1500 = 7.500 perak sajah… waahh.. hemat puluhan kali lipat..
stufi1983.at.ua/load/3-1-0-10



BERSIHKAN YANG BERJERAWAT

Wajah anda banyak jerawat atau bisa dibilang bopeng? Jangan khawatir karena semua itu bisa dihilangkan dengan teknik photoshop ini. Selamat mengikuti...

Teknik ini merupakan teknik yang paling dasar untuk memanipulasi wajah atau kontur kulit yang tidak diinginkan. Teknik-teknik yang lebih advance dan rumit akan dibahas pada postingan lain... :D
langkah pertama buka dulu foto anda atau foto lain yang memiliki kontur wajah yang sesuai kriteria diatas. Kira-kira seperti ini contoh wajah yang saya gunakan (di zoom biar lebih kelihatan)


bersihkan wajah


Nah, sekarang anda zoom wajah yang anda buka tersebut kemudian cari daerah mana yang akan di bersihkan. Setelah itu anda buka patch tool (j). Patch tool memiliki 2 macam penggunaan yaitu source dan destination (lihat pada bagian bawah menu). Pada mode source, area yang di seleksi akan digantikan dengan area tujuan. Sedangkan pada mode destination, area yang diseleksi akan di timpa ke area tujuan. Jadi 2 mode ini berlawanan kerjanya. Jika anda menggunakan mode source (default) maka anda seleksi area yang akan di bersihkan (area noda) kemudian anda drag area seleksi tersebut ke bagian kulit yang bersih, maka otomatis area noda tadi akan di timpa dengan area yang bersih. Lakukan berulang kali pada noda yang lain hingga didapat hasil gambar yang bersih, seperti ini contohnya:
bersihkan wajah
Hal yang perlu diketahui bahwa usahakan untuk melakukan proses ini pada kulit yang memiliki corak warna serupa. Kalau tidak maka hasil timpanya akan kelihatan dan membuat foto menjadi kurang bagus.

Selain wajah, teknik ini juga bisa digunakan untuk hal-hal lain, seperti menghilangkan luka, menghilangkan tahi lalat, dsb. Selamat mencoba.


Membuat Bingkai Frame Foto
Membuat bingkai atau frame atau figura menggunakan photoshop adalah hal yang mudah dan menyenangkan, caranya juga sederhana kok n gampang, supaya lebih cepet belajar nie.. tak kasih tutorial nya :




1. Buka foto yang ingin di bingkai di photoshop, aku gunakan foto ini :

 

  2. Pilih Rectanguler Marguee Tool yang ada di tool box














4. Lalu klik Select >> Inverse ( untuk membalik seleksi )
5. Klik brush tool lalu sapukan brush itu di daerah yang diseleksi ( garis hitam putih putus2 ) ( foto 4a,4b) Nb : Foreground bisa diganti warna sesuka kamu
6. Gimana dah jadi kan...Gampang kan??? Segitu aja cukup kok.......
























7. Nah misalnya mau dimodifikasi lagi bisa pakai filter caranya , klik Filter >> Artistic >> Poster Edges












8. Lalu pilih folder brush stroke >> lalu pilih gambar Sprayed strokes >>Atur Stroke Lenght dan Spray Radius >> habis itu klik Ok, kayak gambar ini :












9. Garis hitam putihnya kok belum ilang?? Cara ngilanginya Klik (CRTL+D).
10. Nah ini hasil akhir nya ( 7 )...Gampang sekali kan... selamat mencoba dan dimodifikasi sendiri ya....












11. Selesai.........
Ini contoh yang lain :




Nantikan tutorial selanjutnya tentang membuat frame dengan software frame maker pro...gampang juga kok n software nya freeware. Silahkan klik link di atas







Mau foto kamu di make Up tapi gak perlu pake make up ? malahan kita bisa berkreasi sendiri warna nya.. tapi ini khusus buat foto cewe yaa.. kalo foto cowo di make up-in bisa-bisa… yuuuuu.. hehehe..


caranya gampang aja kok :
pertama buka file foto yang mau di make over ( saya pake foto adik ipar -red ) :

Langkah pertama seleksi bibir nya , untuk diwarnai.

setelah terseleksi, klik Select > Feather atau select > modify > feather untuk CS3.

Klik Edit > Copy ( atau Tekan CTRL + C ) terus klik lagi edit > paste ( atau tekan ctrl + V) , maka nanti akan terbentuk layer 1.

Klik Image > Adjustment > Selective color  , setting seperti dibawah :

Setelah itu gunakan brush tool untuk membuat garis biru di atas mata :

Klik Filter > Blur > gaussian blur  .  setting seperti di bawah :

Atur Opacity nya :

Sekarang buat layer baru lagi dan gunakan brush tool dengan diameter 5, gambar dengan warna hitam garis di sekitar mata :

Klik Filter > blur Gaussian Blur

Gunakan Blending Soft light

Bikin layer baru lagi buat pipi nya, terus gambar titik yang agak besar warna merah yaa..

klik Filter > Blur > Gaussian Blur

atur Opacity atau transparancy nya :

Hasilnya bakalan kayak gini :



ada lagi nih :
Selamat  mecoba !


Sorry yaa temen-temen.. saya lama gak posting.. yaah, biasa sih.. alesannya karena sibuk hehehehe…
Oia.. saya sih sebenernya sama sekali gak keberatan ( kalo keberatan saya minta tolong bantu angkatin yah .. :p ) semua tutorial photoshop di web ini di Posting ke blog nya mas-mas, mba-mba, aa, dan teteh, bapak-bapak dan ibu-bu sekalian… tapi please kasih link ke ilmuphotoshop.com… karena Mengarang dan nulis itu lebih susah dan penuh perjuangan (keringetan , berdarah-darah, jari sampe bengkok-bengkok,  dan sampe gak makan minum seharian sehingga badan jadi kurus kering kayak gini (boong banget yang ini )  .. hehehe lebay dot com .. << kalo Ini rekayasa penulis aja ..hihihi).  Jangan biasa in copy paste,  yaa minimal edit dikit gambar dan kata-kata nya.. karena pekerjaan yang mudah kayak gitu bikin kita jadi males dan gak kreatip (pake f) ..Saya seneng banget tutorial photoshop saya ini disenengin dan di sebarin di BLog nya mas-mas, mba-mba, aa, teteh, ibu2 dan bapak2.. tapi please tulis sumbernya … :)be a CREATIVE & GOOD BLOGGER ..  !
Tutorial Photoshop sekarang tentang bagaimana membuat Patung David Beckham yang berasal dari sebuah Foto.. Foto nya David Beckham tentunya… masa fotonya Tukul :p
Pertama buka foto David Beckham yang original..
Download Foto David Beckham dan Texture nya DISINI

Duplikat layer background dengan menekan CTRL + J

Kita bekerja di Foto hasil duplikat aja  ya..  pilih layer 1 ( foto hasih duplikat )
Klik Image > Adjustment > desaturate atau CTRL + SHIFT + U untuk menjadikan Hitam putih.

Zoom bagian mata ..
Aktifkan quick mask mode .. kalo blom tau fungsi quick mas silahkan baca lagi tutorial photoshop saya yang ini..
Klik Brush Tool .. (pilih yang ukuran kecil … dikira-kira aja yang penting bisa buat masking bola mata nya )

Buat yang bagus yaa masking nya… :)… oia.. mata satu lagi jangan lupa …
setelah beres proses masking , Non aktifkan lagi  Quick Mask Mode nya..
maka mata akan terseleksi , tapi ini terseleksi mata luar nya… kita harus inverse dulu.. klik Select > inverse..

Klik gradient tool… settingan gradient ada di gambar..
Buat gradient buat di dalem mata.. gradient warna gelap di bawah ..


Kalo nanti hasilnya urang memuaskan… warnai samping mata dengan brush ukuran kecil dan warna abu-abu gelap.

ini hasilnya :

warna yang gelap seperti alis, rambut, jenggot terangin dengan dodge tool..

Hapus background putihnya.. Karena warna background putih, ini jadi sangat memudahkan .. klik magic wand tool trus klik sekali aja di background putih nya.. lalu Ketan Tekan delete! tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi..

Kalo udah kita buka texture file tembok.jpg yang udah di download disini
Drag ke foto david beckham yang sudah diedit barusan..

KEcilin gambar temboknya, puter-puter, pokoknya biar pantes dan pas aja..  hehehe.. kalo mau diganti dengan texture yang lain juga gpp.. misal nemuin gambar batu .. pake aja..

Kalo mau pas, di bikin transparan dulu temboknya.. (opacity nya kurangin aja) .. kalo udah beres opacity nya naikin lagi jadi 100%
Klik Image > adjustment > desaturate untuk membuat tembok jadi hitam putih
CTRL + Klik di layer 1 (foto David Beckham), Klik Layer tembok (layer 2)  dan Klik Add Vector mask .. otomatis si tembok akan mengikuti bentuk Seleksi..

Ubah Layer mode menjadi Multiply

udah setengah jadi nih… tapi ada sebagian tangan dan badan nya masih ada..
jangan khawatir… kita potong aja..
matikan dulu layer background
CTRL + klik layer tembok.. klik Select > Inverse .. tekan DELETE..
Taraaa! hilang kan ?

Klik New FILL and adjustment layer > Hue/saturation

Klik lagi New FILL and adjustment layer > LEVEL

Supaya keliatan realistis… Burn semua tepi patung David BEckham
CTRL + Klik Layer 1 untuk menyeleksi..
Klik burn tool… brush semua tepi nya.. kira-kira aja yah.. pokoknya sampai keliatan gelap aja..

Kalo udah keliatan bagus… sekarang kita gabung hasil nya.. dengan menekan CTRL +ALT+SHIFT + E

Buat dokumen Baru File > new

DRAG Layer gambar yang sudah jadi ke dokumen baru

Warnai background dengan warna hitam… pake paint bucket tool..
keliatan ada list putih seputar gambar patung david beckham …
mariii kita hilangkan!
Klik select > Modify > contract (cukup 1 pixel aja)
Klik Select > inverse lalu tekan delete…

Gunakan Poligonal Lasso tool untuk membuat bagian bawah patung biar keliatan seperti patung beneran :D
Seleksi bagian bawah patung seperti gambar .. Tekan DELETE

Gunakan Eraser Tool untuk menghaluaskan hasil potongan bentuk bawah patung

Sekarang kita setting background nya sedemikian rupa.. biar keliatan lebih real lagi..
Gunakan Brush tool (Ukuran Besar dan Soft round) , warna abu-abu…

Kita buat bayangannya sekarang..
Buat layer baru diatas layer background..
gunakan Ellipticak marquee tool … buat Ellips dibawah patung dan warnai dengan warna hitam

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur

udah kan ?
kita buat lighting sekarnag..
CTRL + klik di layer patung..
Klik Filter > Render > lighting Effect

Hasil akhirnya harusnya seperti ini :

Silahkan dicoba… selamat belajar yaa juragan !



cara-menggunakan-brush-bubble-gelembung-sabun
Pada postingan cara membuat brush bubble atau brush gelembung sabun sebelum postingan ini.. gak dibahas cara pake nya.. hehehe.. sengaja.. biar banyak postingan nya :p
ya udah langsung aja..
Buka foto yang mau dibuat bergelembung..

Sekarang setting Brush nya..
Yuk mari gan..
Klik Brush tool
Nanti muncul Brush palette.. kalo gak muncul silahkan Klik Windows > Brushes
Klik brush bubble yang sudah dibuat..
setting scattering nya .. ini fungsi nya untuk memisah kan bubble yang tadinya menumpuk
nanti coba-coba dengan angka yang lain..  sangat menyenangkan deh pokoknya..

Lalu setting juga shape dynamics nya..
ini berfungsi untuk besar kecil masing-masing bubble atau putaran masing -masing bubble
silahkan coba-coba aja yah..

kalo udah klik di foto yang tadi udah disiapkan..
Ukuran nya terserah temen-temen aja.. mau gede , kecil, sedang..
Lebih bagus lagi kalo foreground nya PUTIH..

Hasilnya adalah

Selamat mencoba dan bersenang-senang..  ;)








Membuat Efek Photo Pada Bhoot Foto Krisdyanti

Sekarang saya mau pake foto Krisdayanti untuk tutorial photoshop efek Photo booth.. harusnya sih foto yang sejenis dan beda-beda mimik mukanya.. pasti lebih oke.. tapi karena saya gak ada foto yang kayak gitu jadinya pake Foto Krisdayanti aja .. mumpung lagi rame di tipi-tipi…
Buka dokumen baru  ukuran 4 inch x 20 inch .. kalo centimeter terlalu kecil soalnya.. :)

ini penampakan dokumen baru nya :
ini penampakan dokumen baru nya :

Buka dokumen foto yang mau di pake.. saya pake foto Krisdayanti ..

Pilih salah satu foto Krisdayanti atau foto yang mau dipake lalu crop ukuran 4 inch x 5 inch.. untuk lebih jelasnya liat gambar aja deh yah..
ukuran dokumen kan 4 inch x 20 inch.. saya crop 4 inch x 5 inch biar nanti pas buat 4 foto.. ngerti kan yah ? kalo gak ngerti silahkan konsultasi ke Ki Joko Bodo .. hehehe..

ehe..

sekarang aplikasikan crop tool tadi ke dalam gambar.. Drag ujung kanan atas gambar ke bawah kiri gambar .. Crop udah sesuai ukuran 4 inch x 5 inch dan 72 pixel

sekarang masukan gambar kedalam dokumen baru tadi.. dengan cara men drag ( klik > tahan > geser ) .. kalo masih ada yang nanya juga tentang DRAG.. duuhh.. kalo kata Kak Rhoma  itu namanya Ter … La… Lu ..  hehehe.. soalnya anak saya yang masih 7 tahun aja udah ngerti.. :D..
TIPS : cara menghafal drag .. setiap mau tidur ucapkan klik > tahan > geser sebanyak 5 kali.. hehehe..

Perlakukan setiap foto sama.. supaya tidak sirik-sirikan..Crop foto yang lain lalu drag ke dalam dokumen baru.
Atur gambar sehingga berjejer  ke bawah…

sekarang kita beri border setiap foto nya..
Klik kanan layer 1 > blending option , lalu pilih stroke

kalo udah sesuai pilih Ok.. oia.. warna nya bebas yah..
supaya blending layer 1 sama dengan layer yang lain.. kita copy paste aja layer style nya..
Klik kanan layer 1 > copy layer style

Aplikasikan ke layer 2.. Klik kanan layer 2 > paste layer style
begitu selanjut nya sampe ke empat foto memiliki border yang sama

Sekarang kita memiliki 4 layer / 4 foto dengan efek yang sama..

Gabungkan semua layer dengan menekan CTRL + E dimulai dari yang paling atas..

Sekarang tinggal layer background yang isinya gambar hasil Merger / gabung..
Buat dokumen baru dengan ukuran 15 x 20 Inch dan 72 Pixel

Drag foto yang tadi di edit ke dalam dokumen baru..

Atur sehingga berada ditengah..

Supaya fotonya jadi bergelombang, Klik Filter > Distort > Shear

Ini hasil pembengkokan ..

Sekarang putar gambar nya dengan move tool atau Klik Edit > transform > rotate

supaya keliatan realistis..kita beri bayangan ..
Buat layer baru di bawah layer 1 dan diatas layer background  dan di atas Buat bayangan dengan brush tool warna hitam,

Kurangi opacity nya menjadi 50%

Supaya makin seru dan realistik.. kita beri highlight putih di foto nya.
Buat layer baru di paling atas.. Klik layer > new layer.
gunakan Brush warna putih untuk menghighlight bagian foto yang kira-kira perlu aja..

Ubah opacity nya jadi 75 %
masih keliatan brush putih nya di luar foto .. supaya gak keliatan kita join layer highlight (brush putih) dengan foto..
caranya..
Sambil menekan tombol ALT di keyboard , sorot cursor mouse ke garis diantara layer highlight brush putih dan layer foto sampe cursor mouse nya keliatan gambar dua bulatan.. lalu Klik..

Hasilnya :

Gampang kan ?
Selamat mencobaaa… !!















Ada email ke saya katanya pengen tau cara masukin foto ke dalam template yang udah ada.. gambar template nya yang ini

rencana nya.. foto kita mau dimasukin ke dalam layar putih yang ditunjukin ma orang-orang di samping.
Gambar original nya bisa didownload yang ini.. (klik untuk memperbesar lalu save)


Buka gambar template..
Seleksi semua yang masuk ke dalam layar putih dengan PEN TOOL.. usahakan sedetail mungkin.. zoom kalo perlu

hasil yang didapat :

kalo udah terseleksi pen tool klik kanan di layar > make selection

Hasil seleksinya bakalan seperti ini

Sampe disini ada pertanyaan ?
gak ada pertanyaan ya ? .. ya udah lanjut deh..  :p
Sekarang kita perhalus bagian tepi hasil seleksi tadi dengan feather.. Klik select >modify > feather

Sekarang telan eh tekan CTRL + J untuk mengcopy hasil seleksi menjadi layer baru..

Buka foto yang mau dibuat jadi objek nya.. saya pake Foto Cinta Laura aja deh..
setelah dibuka, drag foto cincha laura ke template yang udah disetting tadi

Foto Cinta Laura tadi di atur supaya pas sama kotak putih nya.. puter dikit..

Tukar layer 1 jadi di atas layer 2 ( drag layer 1 ke paling atas )


Matikan layer 2  dengan menghilangkan gambar mata di samping layer window ( Foto Cinta Laura) sehingga background putihnya keliatan..
seleksi background putih dengan polygonal lasso tool..

kalo udah.. nyalain lagi layer 2 … terus klik Select > inverse karena kita akan menyeleksi selain background putih
Tekan Tombol DELETE

Tekan CTRL + D untuk menghilangkan seleksi..
Sekarang kita buat bayangan supaya terkesan Real..
Buat layer baru di bawah layer 1 diatas layer 2 (foto Cinta Laura ).. ( antara layer 1 dan layer 2 (Foto Cinta Laura) )
Warnai bagian-bagian tertentu (yang diberi panah merah di gambar ) dengan Brush tool warna hitam

Klik Filter > Blur > Gaussian Blur


dan hasilnya :
disini Foto Cinta Laura saya Edit dikit .. dengan Image > Adjustment > Hue Saturation

Selamat mencoba yah..

Menghaluskan Wajah Yang Jerawat

Karena Besok udah mulai puasa .. gak ada salahnya saya mengucapkan Mohon maaf lahir dan Bathin .. kalo ada penulisan yang salah dan komen yang kurang mengenakan dari saya.. maafin yah..
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa buat yang menjalankan nya .. semoga puasa tahun ini jadi Barokah karena dijalanin dengan hati bersih dan Ikhlas.. amien..
di tutorial photoshop yang lama saya sudah buat cara menghaluskan wajah yang judulnya menghilangkan kerutan di wajah.. di tutorial itu saya pake cara healing brush tool..
Sekarang saya mau coba dengan cara lain menghilangkan jerawat atau menghaluskan muka tanpa meng clone ataupun healing.. tapi dengan blur filter.
Buka foto yang mau dihaluskan wajahnya..

duplikat layer background atau layer gambar dengan menekan ctrl + J
ubah layer style menjadi vivid light.
Klik Image > adjustment > Invert atau tekan CTRL + I
Klik filter > blur > gaussian blur
Nilai radius tergantung gambar.. usahakan hasil blur nya sama yaa dengan yang digambar

Klik filter > other > high pass .. sekali lagi nilai radius tergantung besar gambar nya.. jadi dikira-kira aja wajahnya udah mulus apa belom..  :).. kalo ada perubahan pada mata.. biarin aja.. nanti dimasking kok..

Kalo udah keliatan halus muka nya.. klik  Add layer mask ..
warna foreground harus hitam..



Klik brush TooL .. warnai bagian-bagian yang harusnya tajem.. seperti alis, mata, bibir, hidung, rambut, baju… kecuali daerah yang ada jerawarnya.. jangan di masking.
hasilnya :
Gimana ? gampang kan ?
Selamat mencoba yah..
Sekali lagi

Belajar membuat logo 3D di photoshop, tutorial ini saya pelajari dari Deviantart. Kali ini saya akan menerangkan sedikit cara cara membuat Symbol 3D Logo. kali ini saya akan menggunakan Symbol logo dari DigiArtBali.com ( @ ) untuk mencoba anda bisa menggunakan huruf huruf ( typhography ) .

Before = After
Buka adobe photoshop. disini saya gunakan Adobe Photoshop cs3. pastikan computer anda sudah terinstall Adobe photoshop. buka halaman baru ( File -> New ) kemudian pilih ukuran gambar yang sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih Text Tool ( T ) Kemudian mulai ketikkan huruf yang akan anda rubah menjadi Logo 3D. atur ukuran dan warna sesuai dengan yang anda inginkan. disini saya sudah memiliki gambar ( @ ) yang sebelumnya sudah saya buat di Corel X3.

Selanjtnya click kanan pada Layer Text ( T ) ( seperti Gambar ) kemudian click Rezterize Type ( untuk merubah mode Text ke Mode Gambar ) kemudian saya mengganti nama layer terebut dengan dengan nama LOgo . kemudian pilih Move tool ( tool paling atas pada sisi kiri photoshop ).

Kemudian dengan move tool kita rubah kemiringan gambar yang sudah dimiliki ( @ ) dengan menggeser kotak kecil pada tiap pojok gambar sambil menekan ( Alt pada key baoard ) , pastikan sebelumnya ( show transform control sudah dicentang ).

Kemudian pilih lagi layer Logo, sambil menekan ( Alt ) tekan tombol bawah ( tandapanah bawah pada keyboard ) untuk menduplikasi layer logo, tekan lah beberapa kali sampai layer ter copy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebelan kebawah. sehingga akan muncul Layer Logo Copy – Layer Logo copy 10.

Selanjutnya pilih layer logo copy, dan tekan Shift dan tahan sambil pilih Layer Logo copy 10. sehingga layer logo copy – layer logo copy 10 terpilih semua. kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer ( untuk menyatukan layer logo copy sampai layer logo copy 10 ). sehingga akhirnya jadi 2 layer ( logo & logo copy 10 ). kemudian pindahkan layer logo copy 10 supaya menjadi di bawah layer logo.
Selanjutnya pilih Burn Tool () kemudian rubah ukuran brush menjadi 250 ( atur sesuai kebutuhan ) dan piling Range : highlights dan Exposure : 100%. kemudian lakukan Burning pada layer Logo Copy 10. gunakan imajinasi anda untuk memilih bagian gelap terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya cahaya, sehingga kelihatan gelap terangnya. untuk membuat bagian terangnya lakukan burning sambil menekan ( Alt ) pada keyboard. lakukan juga burning pada layer logo, sesuai dengan imajinasi anda.


Dengan tambahan sedikit imajinasi anda, anda bisa mengembangan teknik pencahayaan sesuai dengan yang anda ingin kan. sedikit sentuhan akhir, kita akan memberikan evek cahay berkilau, pilih Filter – Render – Lens Flare. letakkan kilauan cahaya sesuai dengan yang anda inginkan, pilih lens type 50-300mm atau anda bisa mencoba coba pilihan yang lain. lakukan teknik Lens Flare pada kedua layer.

Sehingga hasil akhirnya kira kira seperti dibawah.

Semoga tutorial ini berguna. Walaupun hasilnya tidak benar benar 3D tapi setidaknya Logo yang anda ciptakan bisa kelihatan lebih berdimensi. Dengan kreativitas yang anda miliki, trik trik dasar diatas akan dapat anda kembangkan menjadi lebih sempurna. Dengan sering sering latihan.. segala sesuatunya pasti bisa terjadi.
Ilmu Grafis Tutorial Photoshop Membuat Efek Teks Berkesan Cewek dengan Photoshop mudah dibuat, teks efek photoshop ini bisa dibuat teks efek photoshop lainnya yang tentunya berkesan cewek. Pada tutorial photoshop ini anda akan mempelajari cara menggunakan blending options, brush, gradasi dan import gambar pada photoshop.

Hasil dari menerapkan tutorial tips photoshop ini
Teks Efek Photoshop
Untuk menerapkan tutorial ini Anda membutuhkan file berikut
  1. Brush Script Font
  2. Custom Brush
  3. Paint brush images
  4. Rough pattern

Cara Membuat Efek Teks Berkesan Cewek

Langkah 1

Buat dokumen baru dengan ukuran 1280 x 800 px dengan background black dan resolusi yang dipakai adalah 72 inch (jika Akan dicetak sebaiknya menggunakan ukuran baku printing dan reseolusi adalah 300px per inch).

Langkah 2

Buat layer baru dengan cara klik menu Layer > New > Layer (SHIFT+CTRL+N). Namai layer tersebut dengan nama gradasi, warnai layer tersebut dengan warna apa saja. Saya menggunakan warna hitam. Cara mewarnai adalah dengan menekan tombol keyboard SHIFT+F5 dan ubah pada Use menjadi black. Atau Anda bisa menggunakan warna foreground dengan menekan tombol keyboard ALT+DEL.

Langkah 3

Klik kanan pada layer gradasi yang ada pada langkah 2, pilih blending option. Pada tab blending options klik pada tab gradient overlay klik pada bagian gradient. Muncullah Gadient Editor, ubah warna gradasi dengan cara klik pada warna Gradient, selebihnya akan dijelaskan pada gambar dibawah ini.
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop

Langkah 4

Buat teks yang nantinya akan menjadi teks efek berkesan cewek. Caranya klik pada ikon T (horizontal type tool) atau gunakan shortcut T, pilih font yang menarik atau sesuai dengan karakter cewek. Saya menggunakan brush-script standart. Untuk memindah font, klik pada property bar bagian set the font family kemudian pilih brush-script standart. Ubah ukuran font pada property bar menjadi 200pt. Ubah warna font menjadi # ff3d8d Pada lembar kerja klik pada posisi yang Anda inginkan. Ketik Girly Me atau sesuai dengan keinginan Anda.
Teks Efek Photoshop

Langkah 5

Duplikat layer girly me dengan cara klik kanan pada layer girly me, pilih duplicate later. Namai layer tersebut menjadi style cewek.

Langkah 6

Klik kanan pada layer style cewek, pilih blending option. Ganti pengaturan seperti yang dijelaskan pada gambar di bawah ini.
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop
Ambil texture ke dalam photoshop dengan cara double klik pada file *.pat kemudian masukkan ke dalam style yang nanti akan menjadi efek teks.
Teks Efek Photoshop
Teks Efek Photoshop

Langkah 7

Klik kanan pada layer girly me dan ubah stroke menjadi 5 dengan warna putih.
Teks Efek Photoshop

Langkah 8

Buat layer baru dengan cara klik pada menu Layer > New > Layer. Beri nama tetesan. Load brush custom brush ke dalam photoshop dengan cara double klik pada file cutom brush.abr kemudian klik brush tool dan pilih brush tetesan tinta 1 atau dua. Ganti warna pada foreground menjadi putih dengan cara klik tombol keyboard D lalu klik lagi tombol keyboard X. Dengan brush tersebut buat seperti gambar berikut.
Teks Efek Photoshop

Langkah 9

Buat layer baru dengan cara klik pada menu Layer > New > Layer. Beri nama bunga 1. Ganti brush Anda dengan cara klik kanan dan pilih brush bunga 1. Klik sekali pada dokumen photoshop hingga menghasilkan gambar seperti berikut.
Teks Efek Photoshop

Langkah 10

Buat layer baru dengan cara klik pada menu Layer > New > Layer. Beri nama bunga 2. Ganti brush Anda dan gunakan brush bunga 2, bunga 3 dan bunga 4 . Klik sekali saja pada dokumen photoshop untuk membuat gambar brush. Hasilnya seperti gambar berikut.
Teks Efek Photoshop

Langkah 11

Buat layer baru dan ganti brush Anda dengan brush bunga 5. Lakukan seperti cara sebelumnya. Lihat hasilnya
Teks Efek Photoshop

Langkah 12

Sebagai pemanis masukkan file paint brush kedalam dokumen photoshop, CTRL + A, Edit > Copy dan Edit > Paste kedalam dokumen Anda bekerja. Posisikan gambar tersebut tepat di atas huruf e. Sebagai pemanis buat layer baru dengan nama brush glow diatas layer paint brush , sapukan brush standart photoshop dengan ukuran 65 ke bawah, buat seolah olah seperti tongkat magic, seting opacity brush jika perlu. Agar tampak serasi maka klik kanan pada layer style cewek > Copy Layer Style, kemudian klik kanan pada layer brush glow > Paste Layer Style. Dan inilah hasilnya.
Teks Efek Photoshop
Jika Anda membutuhkan source photoshop PSD untuk mencoba artikel ini silakan download pada link gambar berikut:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar